Minggu, 12 Oktober 2008

E Commerce



Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-Commerce. Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. E-Commerce ( Electronic Commerce) : E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet.

Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut:Presentasi electronis (Pembuatan Web site) , Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan, Otomasi account Pelanggan secara aman , Banyak keuntungan yang diperoleh dari E Commerce yaitu meningkatkan pendapatan, mengurangi pengeluaran biaya yang berhubungan dengan kertas, mempercepat pelayanan

Jenis-jenis e commece:

Business to business (B2B): Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain

Business to consumer (B2C): Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi

Consumer to consumer (C2C): Sifarnya lelang (auction)

Government: G2G, G2B, G2C, melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat

Salah satu perusahaan yang menerapkan E Commerce yaitu Dell Inc. Perusahaan yang bergerak dibidang komputer ini awalnya hanya menjual melalui mail order , lalu melihat dell laris penjualannya pesaing utamanya saat itu Compaq Menurun haraga untuk menyaing dell. Hasilnya Dell Inc menderita kerugian sebesar 65 juta dolar pada enam bulan pertama yang menyebabkan hampir bangkrut. Akhirnya Dell melakukan rekayasa ulag dalam bisnisnya dengan mengenalkan e-Commerce.
Pada tahun 1999, Dell dapat menjual 1,7 juta dolar per hari lewat situs e-Commercenya. Saham Dell naik 2000 persen dalam dua tahun, dan akhirnya menjadi penjual PC terbesar di dunia .

3 komentar:

Ihwa mengatakan...

E-Commerce jaman sekarng harus dilakukan, karena sekarng apa aja serba mobile.. Jadi supaya gak ketinggalan zaman.. maka E-commerce harus ada

adityo wicaksono mengatakan...

cerita tentang DELL oke juga tuh. bener banget jaman internet gini kalo gak dimanfaatin mah kalah sama yg laen.

dewi rikayani mengatakan...

duh e-commerce memudahkan qt yang suka belanja neh...cuma klik2 aj dah bisa beli2 deh...