Minggu, 26 Oktober 2008

how to operate Microsoft access part 1


salam super,,,

kali ini saya akan membantu teman2 untuk mengoperasikan microsoft access, yang telah saya praktekkan ternyata gampang-gampang susah...nah kali ini saya akan menjelaskan basic dari microsoft access itu sendiri...

How to operate microsoft access :
1. yang perlu lakukan buka program microsoft access...

2. setelah itu pilihlah blank database ( apabila anda ingin membuat field sendiri) atau bisa juga dengan memilih template2 yang telah tersedia..

3.setelah itu akan muncul tampilan seperti excell tapi yang membedakan adanya header bertuliskan "ID" dan "add new field"..

4 apabila anda akan membuat field kliklah icon new field, nanti akan keluar disebelah kanan layar komputer anda field yang bisa anda masukkan sesuai keinginan anda.

5 tapi apabila anda ingin membuat field sendiri anda tinggal klik kanan di icon "add new field " lalu akan muncul pilihan " insert Column " pilihlah itu..setelah diklik akan muncul kolom bertuliskan "field1" apabila anda ingin mengganti namanya tinggal klik kanan lagi dan pilih "rename column" setelah itu anda ganti nama sesuai keinginan anda (tampilan ini adalah tampilan untuk "single line of text" artinya hanya menampilkan text standard yaitu huruf dan angka)

6. apabila anda sudah memasukkan field yang anda inginkan lalu input data anda sesuai field yang telah disiapkan...ingat dengan cara ini anda hanya dapat memasukkan satu persatu data yang anda inginkan...(coba anda bayangkan apabila anda mempunyai database sebanyak 300 orang dan field anda ada 12 maka yang akan anda isikan adalh 3600 kolom secara manual dan menurut pengalaman penulis field terlama adalah field alamat, karena panjang..bo...)..bisa semalam suntuk ngerjainnya tuch...

7. tapi anda tak usah berkecil hati terlebih dahulu karena access menyediakan fasilitas import dari excell ke acces.. kok bisa? gmn caranya...tenang dulu.. caranya gampang saja sama seperti anda menulis laporan di excell anda tinggal bikin kolom yang anda inginkan dan tinggal input, yang membedakannya adalah di excell kita dapat meng copy paste file yang sama secara massal di access tidak bisa kita harus one by one...

8. setelah itu save file tersebut dalam format excell, dan buka access anda dan pilih "external data" pilih icon "import from excell to Access" pilih "Import the source data into a new table in the current database".

9.Browse file anda dan cari dimana anda save file excell anda, setelah ketemu klik OK dan anda akan kembali ke tampilan seperti langkah 8 selanjutnya anda tinggal ikuti perintah selanjutnya dan klik tombol next.

10. Setelah ada tampilan"First row for heading" anda centang itu berguna agar row pertama anda langsung dijadikan heading di Access..lalu klik next sampai selesai....

selamat mencoba.. dan jgn lupa kasih komen......

salam super

2 komentar:

Caesario Farady mengatakan...

Wah..Thanx bgt nih infonya. Sgt berguna n membantu. Dipertahankan trus n ditambah info2 lainnya yg bermanfaat.

Please Call Me Febri.. mengatakan...

gaya lu