Kamis, 30 Oktober 2008

how to operate Microsoft access part 2

Hi Guys,...
Kali ini saya akan menjelaskan tentang Query...(Apa sich Query?????)...saya sendiri juga gak tau mungkin teman2 bisa buka kamus tapi setahu saya itu udah ada dari sononya...Okk..sebagai contoh : "saya mau tugas berikutnya coba kamu tampilkan berapa banyak perawat yang bertugas di jepang"kata pak Dachyar di satu sesi perkuliahan...nach itulah yang akan saya bahas gimana memunculkan pertanyaan seperti dalam bentuk database yang telah terfilterisasi...
ok..

1. buka microsoft Access anda..(akan terlihat tampilan database anda)



2.klik "create" disebelah icon "Home"..

3.setelah itu cari "Query design" klik

4.setelah itu akan muncul tabel kecil yang bertuliskan tables , query,both.. (tdk usah dihiraukan klik saja "add" hingga muncul table kecil yang bertuliskan field kita...(table yang pertama di close dahulu..)

5.nah bagian terpenting disini..ingat pertanyaan diatas.."saya mau melihat perawat yang bertugas di jepang"..



dibagian field tsb isikan field yg sesuai dgn pertanyaan cth: "SEX" dikolom criteria isikan Contetnt yg ada di field tersebut cth : "Female" , kolom show jgn dicentang..selanjutnya dikotak selanjutnya sama dikolom field masukkan "Job Function", lalu dikolom kriteria masukkan "perawat" ingat kolom show jgn dicentang dikolom selanjutnya masukkan "location" dikolom Field dan "japan"di criteria..stlh itu krn pertanyaan sudah dibuat selanjutnya kita buat jawabannya dengan cara dikolom selanjutnya masukkan nama field yang berhubungan dengan pertanyaan tadi CTH: "First Name"..kolom selanjutnya "Lastname" dan seterusnya kali ini kolom show harus dicentang...

6.utk melihat tampilan klik icon "view"

7.Stlh itu kita save dengan standard nama save cth: QRY_Female_Perawat_Japan, lakuakn sebanyak-banyaknya..(Coba menghayal kira-kira pertanyaan apalagi yang musti dimunculkan)....

oKKK itu saja ..semoga bermanfaat bagi teman2...

jangan lupa kasih komen.......
salam super

Amir Lazuardi

5 komentar:

Please Call Me Febri.. mengatakan...

gaya lu

Anonim mengatakan...

gimana menurut elu feb..tampilan blog gw..buat teman2 yang lain daftarkan email kalian di tempat tersedia di sebelah kiri atas utk mendapatkan update otomatis postingan terbaru saya......

salam Super..

www.amirlazuardi.blogspot.com

Anonim mengatakan...

selamat y udah ga gaptek lg he2 sukses mir....

Please Call Me Febri.. mengatakan...

blognya ga update bgt sih!?

adityo wicaksono mengatakan...

yg gw perhatiin nih ya, c amir semenjak pasang internet(gw gak mau sebut nama provider, bisa bikin ribut) jadi eksis nih di kelas.. hehe
paling mencolok, masalah ngumpulin tugas dia naik podium melulu sekarang.. hebat